5 Aksi dan Pertunjukan Musik Rock Terbaik

| Selasa, 06 Desember 2011 | |
Pertunjukan musik rock bukanlah hanya memperdengarkan dan dinikmati dengan sebuah euforia serta teriakan histeris, namun juga menyuguhkan aksi-aksi sensasional, kontroversial bahkan subversif dari para musisi yang berada di atas panggung, adalah sebuah kenikmatan pandangan luar biasa. Berikut 5 aksi dan pertunjukan musik rock terbaik:

1. The Who

Di zamannya tidak ada kelompok musik yang memperlihatkan esensi ‘rock n’ roll’ di atas panggung pertunjukan, dan lebih baik daripada The Who. Gerak dinamis tubuh Pete Townshend dalam memegang dan memutarkan gitarnya, Roger Daltry dengan gaya lasonya pada mikrofon, hentankan bingar Keith Moon pada drum dan jari yang berterbangan pada batang bass John Entwistle. Kekuatan akor dan liukan tempo yang mereka perlihatkan dan sebuah pertunjukan, sangat jauh berbeda dengan band seangkatannya. Sebuah pertunjukan yang kemudian di nantikan para publik musik adalah adegan pamungkas berupa penghancuran, pelepasan energi, tak ada alat dan perlengkapan musik serta properti panggung yang luput dari aksi penghancuran mereka.

2. Led Zeppelin

Melihat konsernya Led Zeppelin adalah sebuah pelepasan nuansa blues dengan cara yang berbeda, terkuat yang pernah ada. Robert Plant dengan lengkingannya membuktikan bahwa blues adalah bagian dari musik rock, lihatlah cara dia melenggak-lenggok, sementara John Bonham dan John Paul Jones dengan konstan mengiringi. Dan saat itu pula Jimmy Page dengan flamboyan memainkan riff gitar khas dengan karakter soundnya, luar biasa. Bahkan untuk sebuah pertunjukan musik akustis kualitas musik mereka tidak berubah.

3. The Rolling Stones

Siapa yang tidak kenal dengan the Rolling Stones, kualitas musik mereka dan kehidupan mereka yang sering menjadi sorotan para juru warta dan foto. Reputasi mereka sebagai salah satu legenda musik rock dan blues, dan kesolidan mereka dalam bermusik tidak diragukan lagi. Jagger dengan gaya khas, menari, berlari, sementara Keith dengan citranya sebagai anak nakal, selalu cocok ketika didampingi gitaris siapa saja (Brian Jones, Mick Taylor, dan terakhir Ron Wood).

4. The Allman Brothers Band

Inilah band dengan kemampuan yang luar biasa, komposisi serta struktur bermusik mereka tak diragukan lagi, penampilan di atas panggung pun sangat artistik. The Allman Brothers Band, memiliki gitaris yang menjadi panutan bagi para musisi Southern Rock. Mereka meramu berbagai struktur musik, bahkan menjadikan southern rock terdengar nuansa jazzy dibandingkan dengan akar rumputnya, blues. Mahakarya mereka salah satunya adalah album live at  Filmore East, sangat luar biasa. Bahkan manajer terakhir mereka, Phil Waden memproklamasikan bahwa album yang terdiri dari seri tersebut adalah ‘salah satu penemuan musik modern’.

5. The Flaming Lips

Kejayaan musik indie rock ditandai dengan perbedaan dimainkan sebuah karakter dan teknik memainkan musik, tidak hanya saja sensasi yang berasal dari teknik memainkan gitar. Boneka, permainan tata cahaya, balon manusia, dan hujan balon yang mengguyur para penonton, adalah salah satu aksi ketika mereka memainkan musik psychedelic space-rock. Flamming Lips juga merupakan pionir untuk aksi menggunakan perangkat headphone dalam sebuah pertunjukkan. Mereka menggunakan hal tersebut untuk mengetahui apa yang sebenarnya didengarkan para penonton, sehingga mereka dapat menjaga kualitas musik mereka.

0 komentar:

Posting Komentar