5 Gitaris yang Menginspirasi Kaum Perempuan

| Selasa, 06 Desember 2011 | |
Pergerakan ide dan kreatifitas perempuan di era modern sangat berkembang cepat dan signifikan, kehadiran mereka dalam perkembangan musik khususnya sangat terasa, baik dalam irama, nada, maupun fashion. Tidak hanya mengandalkan kecantikan dan kemolekkan tubuh, namun keliaran jemari sangatlah mumpuni dalam komposisi lagu yang mereka buat. Berikut adalah gitaris yang menjadi inspirasi bagi kaumnya untuk teguh berkarya dalam dunia musik.

1. Joan Jett
Joan Jett atau Joan Marie Larkin, lahir pada  22 September, 1958, di Wynnewood, Pennsylvania, adalah seorang gitaris rock Amerika, penyanyi, pencipta lagu, produser dan aktris. Dia terkenal dengan “Joan Jett & the Blackhearts” termasuk hit mereka “I Love Rock ‘n Roll“, yang menduduki posisi puncak pada tangga lagu Billboard dari 20 Maret-1 Mei 1982, termasuk juga “Crimson dan Clover“, “I Hate Myself for Loving You“, “Do You Want to Touch Me“, “Light of Day“, “Love Is All Around“, “Bad Reputation” dan “Little Liar.” Aliran musik dan lagunya sangat Rock, Hard Rock, Punk Rock dan Rock’n Roll yang pada umumnya masih sangat jarang di daerah asalnya Philadelphia.



2. Lita Ford
Rossana Lita Ford (lahir September 19, 1958) adalah musisi dan penyanyi Amerika kelahiran Inggris ini adalah pentolan gitaris group The Runaways dan mencapai popularitas untuk karier solonya antara tahun 1980-an dan akhir 2000-an. Ayah Inggris dan Ibu Italia dia bersama keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada usia 4 tahun dan mulai bermain gitar pada usia 11. Vokalnya berada pada mezzo-soprano. Pada tahun 1975 pada usia 17 ia bergabung dengan semua group band rock wanita The Runaways, dia memegang lead guitar, dan pernah juga mengiringi Ozzy Osbourne.



3. Nancy Wilson
Nancy Lamoureux Wilson adalah seorang penyanyi, pencipta lagu dan gitaris dengan kakaknya Ann dengan group band Heart dari Seattle / Vancouver. Nancy lahir di San Francisco 16 Maret 1954 dengan nama Nancy Lamoureux Wilson. Nancy dan adiknya dibesarkan di California Selatan dan Taiwan sebelum Ayah mereka di Korps Marinir pensiun di pinggiran kota Seattle, Bellevue. Nancy menyelesaikan sekolah menengah kemudian belajar Pacific University di Oregon dan Cornish College of the Arts di Seattle. Dia mengambil jurusan seni dan sastra Jerman. Ketika berhenti kuliah dan pindah ke Kanada lalu bergabung dengan adiknya di Heart, dan selanjutnya The Lovemongers.



4. Carrie Brownstein
Sleater-Kinney. Pada tahun 2006 ia berada diurutan ke 25 berdasarkan penilaian para pembaca majalah Rolling Stone, untuk kategori gitaris berbakat sepanjang yang tidak bisa diremehkan. Bulan September 2010, ia mengumumkan telah membentuk sebuah band baru, dengan nama Wild Flag; yang rencana akan meluncurkan album debutnya pada 2011. Dan program komedi sketsa yang dilakoninya untuk Independent Film Channel mulai mengudara di tahun yang sama.



5. Ruyter Suys
Gitaris perempuan yang bernama lengkap, Ruyter Lara Johanna Pakon Suys, lahi pada 5 November 1968, di Vacouver, Kanada.  Ia seorang pemain gitar utama band asal Amerika, Nashville Pussy, bersama sang suami Blaine Cartwright.  Ruyter menghabiskan masa mudanya di kawasan Saskatchewan, dalam sebuah keluarga dengan selera musik rock yang bagus mulai dari Led Zeppelin, David Bowie, Frank Zappa, dan lainnya. Pembelajaran musiknya dimulai dengan sebuah  piano pada usia tiga tahun, dan berpindah ke gitar pada delapan tahun. Menginjak remaja ia mulai mengenal Ramones, Motorhead, Slayer, Metallica, Plasmatics. Namun yang menginspirasinya untuk menjadi seperti sekarang adalah Nancy Wilson dan Wendy O’William dari The Plasmatics. (**)


0 komentar:

Posting Komentar