5 Musisi Hebat Dunia yang Memiliki Keterbatasan

| Selasa, 06 Desember 2011 | |
Tak selamanya keterbatasan fisik akan menghalangi seseorang untuk berkarya. Bahkan dibalik keterbatasan tersebut bisa lahir karya-karya besar yang mendunia. Seperti yang diciptakan musisi yang uniknya.com rangkum di bawah ini. Karya besar mereka menjadi inspirasi musisi lain. Bahkan tak pernah lekang ditelan waktu:

  1. Curtis Mayfield
Sebagai funk, R & B, dan penyanyi soul, Curtis Mayfield punya banyak bakat lainnya. Selain menjadi penulis lagu dan penyanyi, ia juga memainkan drum, gitar, piano, bass, dan bahkan saksofon. Sebagai anggota The Impressions dan komposer untuk soundtrack Super Fly, karir Mayfield selalu tampak menjanjikan. Pada bulan Agustus 1990, tiang lampu  jatuh menimpa Mayfield say check sound sebelum sebelum konsernya di New York. Tiang yang menimpanya memecahkan semua vertebra dan mengakibatkan kelumpuhan dari leher ke bawah. Terlepas dari kenyataan bahwa dia tidak bisa memainkan alat musik, Mayfield tidak menyerah. Walaupun hanya bisa berbaring, dia masih bisa bernyanyi. Di tengah sakitnya itu, Mayfield masih menciptakan album lain sebelum kematiannya.

  1. Rick Allen
Pada usia lima tahun, Rick Allen tampaknya tahu ia akan menjadi drummer. Selama bertahun-tahun Allen menjadi lebih baik dalam bermain drum. Allen segera mencoba menjadi drummer Def Leppard, yang pada saat itu sedang membutuhkan seorang drummer. Pada tahun 1987, Allen menjadi anggota band, dan pada tahun 1980 album pertama band ini dirilis. Namun, pada tahun 1984, Allen  mengalami kecelakaan mobil. Karena tidak mengenakan sabuk pengaman, ia kehilangan lengannya. Allen sempat mengenakan lengan buatan, tapi kemudian harus dilepas karena infeksi. Untuk mengakomodasi lengannya hilang dalam bermain drum, Allen dibuatkan seperangkat drum khusus, karena ia tahu bahwa ia masih bisa melakukannya walau dengan hanya satu tangan.

  1. Ludwig van Bethoven
Terlepas dari kenyataan bahwa ia hidup berabad-abad lalu, pengaruh Beethoven pada musik klasik masih besar dirasakan.  Beethoven adalah komposer dari Jerman paling terkenal terutama dalam transisi antara era klasik ke periode Romantis. Pada 1790-an, Beethoven perlahan-lahan mulai kehilangan pendengarannya, namun terus bermain, menulis, dan melakukan. Akhirnya ia menjadi tuli sepenuhnya, namun ia tidak membiarkan cacat menghentikannya terus berkarya. Untuk terus bermain, ia menggunakan alat bantu yang terpasang pada papan piano. Suara dari piano akan membuat alat yang dia gigit akan bergetar sehingga respon dirinya terhadap suara menjadi meningkat. Beethoven terakhir bermain di hadapan publik pada tahun 1811, setelah ia gagal untuk memainkan Piano Concerto No 5.

  1. Ray Charles
Ray Charles adalah legenda di industri musik. Tidak banyak bisa melakukan apa yang dia lakukan. Teruatama membawa musik country ke tingkat yang sama sekali baru dengan suara sendu yang memang jarang dimiliki setiap orang. Charles dianggap sebagai legenda yang jenius oleh Frank Sinatra, dan bahkan muncul dalam film besar, seperti The Blues Brothers. Charles memainkan piano, bernyanyi, dan berakting dalam keadaan buta Meskipun tidak dilahirkan buta, penglihatannya mulai memburuk sekitar usia lima, dan ia benar-benar buta ketika ia berusia tujuh tahun. Meskipun cacat, Charles mampu melahirkan  lagu-lagu hit, seperti  Georgia on My Mind dan Hit the Road Jack.

  1. Stevie Wonder
Sebagai penyanyi, penulis lagu, instrumentalis, dan produser rekaman, Stevie Wonder pasti layak mendapat tempat tertinggi. Terlepas dari kenyataan bahwa ia lahir buta, Wonder telah mampu memberikan banyak inspirasi  dan terus melahirkan lirik dan musik  besar. Dia telah sukses sejak awal 1960-an, dan hingga kini terus memainkan musiknya. Menandatangani kontrak dengan Motown Records at 11, Wonder telah mampu memproduksi lebih dari 30 puluh hits di AS Selama karirnya, ia juga telah menerima 22 Grammy Awards dan bahkan Lifetime Achievement Award. Wonder  juga menerima Songwriters  Hall of Fame dan Rock and Roll of Fame

0 komentar:

Posting Komentar