5 Musisi Studio Rekaman di Dunia Part II

| Selasa, 06 Desember 2011 | |
Profesi musisi yang bekerja di sebuah studio rekaman, bukanlah pekerjaan yang mudah dan ringan, melainkan berat dan sangat memakan banyak waktu dan konsentrasi. Dan tidak mengharapkan sebuah popularitas dan dikenal oleh publik musik secara awam, meski demikian karya mereka sangat monumental dalam percaturan dan sejarah musik dunia. Berikut adalah 5 musisi studio rekaman dunia:

1. Carol Kaye (Bass, Gitar elektrik)

Bermain bersama: The Beach Boys, The Doors, Ritchie Valens, Frank Sinatra, Ray Charles, Frank Zappa, Simon and Garfunkel, dan banyak lagi.

Ia dijelaskan sebagai salah satu pemain bass yang luar biasa dalam sejarah musik dunia, ia telah memainkan lusinan hit lagu di tangga musik Billboard 100, walaupun ia tetap tidak dikenali oleh publik musik. Ia dibesarkan di Los Angeles, Amerika Serikat, dan bekerja sebagai instruktur bass di saat usia remaja. Ia mulai menjadi musisi studio profesional pada tahun 1960-an,  dan sekarang mungkin lebih dari10.000 rekaman studio telah dijalaninya. Salah satu lagu hit yang pernah ia isi adalah “La Bamba”






















2. Ray Cooper (Perkusi)

Bermain bersama: Elton John, Paul McCartney, George Harrison, The Rolling Stones, Eric Clapton, Billy Joel, Art Garfunkel, Weezer, AC/DC, dan lainnya.



















Seorang perkusionis berkebangsaan Inggris, Ray Cooper, telah memperlihatkan kemampuannya dalam memainkan instrumen drum dan perkusi bersama para musisi besar dunia. Ray Cooper lebih dikenal sebagai musisi pengiring Eric Clapton dan Elton John, namun ia juga melakukan tur musik bersama the Wings dan Weezer. Selain alat musik perkusi, ia juga menguasai dengan baik instrumen glockenspiel, bel tubular, conga, tamborin dan bahkan gong. Cooper pernah tampil sebagai seorang aktor dalam sebuah film yang diproduseri oleh  Terry Gilliam dan Robert Altman.



3. The Wrecking Crew (Guitar, Drums, Bass, Keyboard, Saxophone, Trumpet, Trombone, Percussion, Harmonica, Vocals)

Bermain bersama: Simon and Garfunkel, The Beach Boys, The Byrds, The Mamas and the Papas, Frank Sinatra, Elvis Presley, The Partridge Family, dan banyak lagi




Secara individu banyak anggota The Wrecking Crew yang tampil bersama siapa saja dan dimana saja, namun mereka terlihat begitu hebat ketika tampil secara kelompok. The Wrecking Crew merupakan sebuah geng musisi profesional studio, yang telah berkelana bersama musisi dunia, dan tercatat dalam sejarah musik dunia. Para anggota the Crew ini merupakan para musisi yang tinggal di Kota Los Angeles, salah satu kerja sama rekaman studio adalah dengan The Ronettes “Be My Baby.”.  Untuk urusan aliran musik, mereka tidak selalu memainkan musik rock saja, mereka pun membuat jingle untuk iklan di media elektronik, soundtrack tema acara tv, film seperti; M.A.S.H, Bonanza, dan Mission Impossible. Beberapa anggotanya seperti Carol Kaye dan Tomy Tedesco, tetap bertahan sebagai musisi studio rekaman, sementara anggota lainnya seperti gitaris Glen Campbel, melakukan solo karir dan cukup berhasil.



4. The Funk Brothers (Bass, Guitar, Drums, Piano, Trombon, Perkusi)

Bermain bersama: The Temptations, Smokey Robinson and the Miracles, Marvin Gaye, The Supremes, The Four Tops, The Jackson Five, Stevie Wonder




Berdiri sejak tahun 1959 hingga 1972, The Funk Brother merupakan salah satu band cadangan yang dimiliki oleh perusahaan rekaman Motown Record, di Detroit. Tidak seperti band studio rekaman lainnya, The Funk Brother jarang sekali dituliskan di dalam credit tittle setiap album rekaman yang mereka lakukan. Hingga tahun 2002, melalui sebuah dokumentasi mengenai Motown Record.  The Funk Brother ini dimotori oleh seorang pianis handal Earl Van Dyke (mengisi sesi rekaman “My girl”nya the Temptations, “Signed, Sealed, Delivered I’m Yours,” nya Stevie Wonder).  The Funk Brother memiliki anggota inti sebanyak 13 musisi, yang memainkan berbagai jenis instrumen baik yang konvensional, modern, maupun eksperimental. Pada tahun 1972 mereka membubarkan diri, dan kebanyakan anggotanya pindah ke Kota Los Angeles, beberapa tetap menjadi musisi profesional studio rekaman, dan sebagian lagi melakukan solo, membentuk kelompok baru, dan beralih profesi. Namun sumbangan merka terhadap dunia musik pop patut di acungi dua jempol.



5. Hal Blaine (Drum)

Bermain bersama: Frank Sinatra, Elvis, The Beach Boys, Simon and Garfunkel, John Lennon, The Supremes, John Denver, The Mamas and the Papas, dan banyak lagi.

Penabuh drum hebat seperti Hal Blaine adalah sebuah legenda dalam sejarah penabuh drum dunia: berbakat, kreatif, walaupun masih mengingin dirinya untuk tidak banyak diekspos. Ia pernah melakukan sesi rekaman untuk Micahel Jackson, The Beatles, dan beberapa lagu pop klasik seperti “Mr. Tambourine Man,” “Strangers in the Night,” “Good Vibrations,” and “Mrs. Robinson.” Sebagai salah satu anggota dari The Wrecking Crew, ia pun bertanggung jawab untuk membuat dan memngomposisikan sebuah musik tema dan soundtrack. Dalam scene musik 70an Amerika dan dunia dapat dipastikan tidak ada karya musik yang ia lewatkan. Kepribadianya yang bersahaja membuat dia disukai banyak rekan sesama musisi dan penyanyi bahkan industri musik. Sekarang ia diberitakan  melakukan solo karir dalam bermusiknya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar