5 Dewa Musik Kaum Mod

| Selasa, 06 Desember 2011 | |
Euforia subculture Mod terus merajalela di belantara Britania Raya, bahkan dunia. Keberadaan mereka tak lepas dari kontribusi beberapa grup musik di bawah ini, yang menjadi rujukan bermusik para Mod Mania. Sesuai dengan kulturnya, musik adalah salah satu elemen wajib para pengagum mod, selain vespa dan fashion. Berikut uniknya.com himpun 5 dewa musik pecinta Mod di dunia:

1. The Birds
The Birds adalah group band populer  blues di Inggris selama pertengahan 1960-an. Meskipun mereka merekam kurang dari selusin lagu dan yang dirilis hanya empat single saja, tetapi keberadaan mereka menjadi ikon tertentu sebuah kultur di Inggris ketika itu. Biasa diawali dengan dengan suara R & B keras, kemudian mereka  mulai menanamkannya dengan vokal gaya  Motown harmoni. M antan anggota paling terkenal dari grup ini adalah Ronnie Wood, yang kemudian bergabung hari bergabung dengan Faces dan kemudian The Rolling Stones.

2. The Who
The Who adalah grup musik rock Inggris yang dibentuk pada tahun 1964. Formasi utama terdiri dari vokalis Roger Daltrey, gitaris Pete Townshend, pemain bas John Entwistle, dan pemain drum Keith Moon. Mereka dikenal dengan konser-konser yang energetik, termasuk perintis tontonan penghancuran instrumen di atas panggung. The Who telah menjual lebih dari 100 juta keping rekaman, dan sukses menempatkan 27 singel ke dalam urutan tangga lagu Top 40 di Britania Raya dan Amerika Serikat, serta 17 album dalam tangga album Top 10. Di Amerika Serikat, mereka pernah menerima 18 piringan emas, 12 platina, dan 5 multi platina untuk kelarisan album-album mereka. Oleh para pengamat musik, The Who dianggap sebagai satu dari tiga band terbesar Inggris (bersama dengan The Beatles dan The Rolling Stones).

3. Small Faces
Small Faces merupakan sebuah grup musik asal Inggris yang bermarkas di London. Grup musik ini didirikan pada tahun 1965 dan berakhir tahun 1969. Grup musik ini beranggotakan Steve Marriott, Ronnie Lane, Kenney Jones, dan Jimmy Winston. Album perdananya ialah Small Faces dirilis tahun 1965.
Band ini dikenang sebagai salah satu kelompok mod yang paling terkenal dan berpengaruh tahun 1960-an. Dengan lagu-lagu hit terkenal seperti “Itchycoo Park”, “Lazy Sunday”, “All or Nothing”, “Tin Soldier” dan konsep album mereka Ogdens Nut Gone Flake, yang kemudian berkembang menjadi salah satu aksi psikedelik paling sukses di Inggris  sebelum bubar pada tahun 1969. [4] Setelah Small Faces resmi bubar, tiga anggota diantaranya bergabung dengan Ronnie Wood sebagai gitaris, dan. Rod Stewart sebagai vokalis utama mereka, keduanya dari The Jeff Beck Group, dan memplokamirkan diri berganti nama menjadi Faces.

4. The Jam
The Jam adalah grup musik Inggris  punk rock/New Wave/mod pada dekade  1970-an dan awal 1980-an. Mereka dibentuk di Woking, Surrey. Ciri khas The Jam adalah mengenakan setelan jas rapi yang menempatkan grup ini sebagai  grup terdepan dari kebangkitan mod. Mereka telah 18 kali berturut-turut berada di Top 40 single di Inggris, dari debut pertama mereka pada tahun 1977 sampai bubarnya pada bulan Desember 1982.
5. Purple Heart
Purple Hart sering dianggap sebagai salah satu grup musik terbaik bangkitnya Mod di Inggris. Purple Hearts dibentuk pada 1977, oleh beberapa remaja seperti Jeff Shadbolt, Simon Stebbing, Bob Manton, dan Nick Lake di Romford, Essex dengan nama awal The Socket. Grup ini awalnya dibentuk untuk tujuan mendapatkan dukungan pada sebuah pertunjukan Buzzcocks di London. Namun ternyata, ekspektasi penyuka musik di Ingrris melambungkan nama mereka di dunia.


0 komentar:

Posting Komentar